Berita & Informasi

SELEKSI SUBSTANTIF CALON PENGAWAS SEKOLAH SMA TINGKAT PROVINSI BANTEN TAHUN 2020

      Gubernur Banten, Dr. H. Wahidin Halim, M.Si menaruh perhatian pada peningkatan mutu satuan pendidikan dan kualitas pendidikan. Pengawas sekolah harus memenuhi standar kompetensi, mampu melakukan pembinaan kepada guru maupun kepala sekolah serta mampu melakukan pemantauan terkait dengan 8 standar nasional pendidikan. Serta mampu melakukan penelitian dan pengembangan untuk kualitas pendidikan.

      Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Pengawas Sekolah merupakan salah satu kelompok dalam jabatan fungsional yang memiliki fungsi dan tugas yang berkaitan dengan pelayanan fungsional yang berdasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.  Pengawas Sekolah adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan.

      Uraian tugas pengawas sekolah dalam pengawasan akademik dan manajerial tersebut meliputi penyusunan program pengawasan dengan ruang lingkup pembinaan pemantauan, penilaian tugas pokok guru dan kepala sekolah. Secara nyata terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pengawas sekolah yang ada di Provinsi Banten, salah satunya adalah kesenjangan jumlah pengawas di kabupaten/kota dimana terdapat kekurangan pengawas sekolah di hampir seluruh Kabupaten/Kota, bahkan terdapat beberapa yang belum memiliki Pengawas Sekolah SMA dan SKh, ini dikarenakan banyak Pengawas Sekolah yang pensiun dan jumlah sekolah yang makin banyak dan ini akan berpengaruh pada kualitas pendidikan.

       Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Dr. H. Tabrani, M.Pd mengungkapkan perlu adanya penambahan Pengawas Sekolah serta mengingat Pengawas Sekolah memiliki peran yang sangat penting dan strategis sebagaimana diuraikan diatas. Maka melalui program Bidang Ketenagaan dan Kelembagaan Seksi PTK SMA dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus dilaksanakan tes substantif bagi calon Pengawas SMA dan SKh sesuai dengan perencanaan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku yang bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LP2KS PS) serta Universitas Sebelas Maret Solo.

       Pelaksanaan tes subtantif calon Pengawas Sekolah SMA dan SKh dilaksanakan secara daring  pada tanggal 19 s.d 23 Desember 2020 yang diikuti oleh 147 peserta dari SMA dan 8 Peserta dari SKh yang tersebar di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Hasil dari tes substantif yang memenuhi standar kelulusan jenjang SMA sebanyak 115 Orang dan Jenjang SKh sebanyak 6 Orang.

Instagram takipçi alınabilir site

takipçi al,Instagram takipçi al,instagram türk takipçi satın al,instagram türk aktif takipçi

instagram takipçi almak hiç bu kadar kolay olmamıştı. Instagram da bot yada gerçek takipçi satın almak için instagramtakipz.com ziyaret edin ve hemen fenomen olun