Berita & Informasi

KEGIATAN DIKLAT PENGUATAN KOMPETENSI MAPEL PJOK TINGKAT PROVINSI BANTEN TAHUN 2020

       

        

     

       Peningkatan kualitas pendidikan dapat ditempuh dengan berbagai cara antara lain : peningkatan kompetensi guru, perubahan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran dan penilaian, penyediaan bahan ajar, serta tersedianya saran dan prasarana yang memadai. Dari semua cara tersebut, peningkatan kompetensi guru merupakan hal yang sangat krusial, mengingat guru merupakan ujung tombak dalam pembelajaran. Kompetensi guru yang perlu dikembangkan diantaranya kemampuan memahami teori-teori pendidikan kontemporer, menguasai pendekatan dan model pembelajaran. Memberikan penguatan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan dan pengalaman bidang ajar sehingga mampu mempercepat proses transformasi ilmu pengetahuan, wawasan keterampilan dan pengalaman dalam pembelajaran. Proses pendidikan merupakan proses yang komprehensif yang mana ada keterkaitan antara pemerintah, masyarakat dan para pemangku kepentingan yang memerlukan produk dari suatu proses pendidikan. Sebagai suatu sistem, pendidikan merupakan proses interaksi antara komponen yang satu dengan yang lain dalam suatu lembaga pendidikan, dimana lembaga terdepannya adalah lembaga persekolahan baik formal, non formal maupun informal. Sebagai ujung tombak proses mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadikan manusia Indonesia seutuhnya, sekolah dan jajarannya terutama pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat namun mulia karena berkaitan dengan proses pencapaian cita-cita luhur bangsa sesuai amanat pembukaan Undang-undang dasar 1945. Seiring berjalannya waktu dan bergulirnya regulasi yang lebih memprioritaskan proses pembangunan pendidikan, tugas dan tanggung jawab itu terasa ringan dengan berbagai perlindungan dan penghargaan yang diterima sebagai bentuk konsekuensi dan lahirnya Undang-Undang, guru dan dosen dengan tuntutan agar menjadi guru profesional. Kondisi tersebut merupakan gambaran ideal dari proses pembelajaran yang diharapkan dari suatu lembaga pendidikan. Keberhasilan pembelajaran tidak terlepas dari berbagai aspek pembelajaran seperti kurikulum, sarana prasarana, pendidik, lingkungan satuan pendidikan dan aspek raw input dari pendidikan itu sendiri.

       Dr. H. Wahidin Halim, M.Si selaku Gubernur Banten mengungkapkan, Pendidikan menjadi Program Prioritas Pembangunan Pemerintah Provinsi Banten dan itu tertuang dalam RPJMD Provinsi Banten dengan Misi Meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan pendidikan berkualitas. Pendidikan adalah salah satu upaya yang perlu mendapat perhatian khusus dalam menyiapkan generasi yang mumpuni. Bagaimana menyiapkan para pendidik yang mampu berkontribusi terhadap keberhasilan pendidikan itu sendiri. Sebagai langkah sederhana yang dilakukan adalah mempersiapkan guru-guru SMA melalui pendidikan dan pelatihan guru mata pelajaran PJOK.

       Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Dr. H. Tabrani, M.Pd mengapresiasi harapan Gubernur Banten yang sangat concern terhadap peningkatan mutu Guru dan Tenaga Kependidikan melalui pelaksanaan program Bidang Ketenagaan dan Kelembagaan seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA menyelenggarakan Diklat Bagi guru Mapel PJOK yang mampu menjawab berbagai permasalahan lulusan di sekolah masing-masing.

      Secara umum Pendidikan dan Pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi guru mata pelajaran PJOK pada jenjang pendidikan menengah agar memiliki kemampuan yang memadai sebagai guru mata pelajaran pada dimensi kompetensi pedagogik dan khususnya pada dimensi kompetensi profesional.

     Pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi guru mata pelajaran dimaksudkan untuk memfasilitasi para guru di Provinsi Banten khususnya guru PJOK dalam meningkatkan kompetensi khususnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, adapun tujuan khusus adalah:

  1. Menguasai konsep dasar “ Pedagogical Content Knowledge”.
  2. Menguasai keterampilan dasar mengajar.
  3. Menguasai pendekatan dan model-model pembelajaran kontemporer pada mata pelajaran PJOK.
  4. Menguasai karakteristik isi/konten mata pelajaran beserta pedagogiknya.
  5. Mampu melakukan analisis kompetensi inti/standar kompetensi ke kompetensi dasar.
  6. Mampu melakukan analisis materi pelajaran dan mengembangkannya kedalam silabus dan skenario pembelajaran.
  7. Menguasai bagaimana melakukan penilaian secara otentik.

     Hasil yang telah dicapai dalam kegiatan Diklat bagi guru Mata Pelajaran PJOK ini adalah :

  1. Menghasilkan analisis kompetensi inti/standar kompetensi ke kompetensi dasar (SK/KD) mata pelajaran PJOK.
  2. Menghasilkan hasil analisis mata pelajaran PJOK.
  3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  4. Rencana Tindak lanjut.

Pelaksanaan Diklat peningkatan kompetensi guru mata pelajaran PJOK bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung selama 6 hari.

Adapun waktu pelaksanaannya sebagai berikut:

Hari/Tanggal        : Senin s.d Sabtu/23 s.d 28November 2020

Tempat                 : UPI Bandung

           Pendidikan dan Pelatihan ini dengan kata lain adalah salah satu upaya untuk menjembatani guru-guru SMA lain khususnya mapel PJOK yang tersebar di setiap Kabupaten/kota yang belum mendapatkan kesempatan pengembangan keprofesian nya. Langkah menjembatani ini sudah barang tentu tidak terlepas dari ketersediaan sumber daya baik dana maupun sumber daya lain. Maka dari itu, segala kekurangan dari kegiatan ini agar dapat dimaklumi. Namun walaupun demikian semoga dalam penyelenggaraan ini memberikan banyak manfaat bagi guru-guru SMA.

Instagram takipçi alınabilir site

takipçi al,Instagram takipçi al,instagram türk takipçi satın al,instagram türk aktif takipçi

instagram takipçi almak hiç bu kadar kolay olmamıştı. Instagram da bot yada gerçek takipçi satın almak için instagramtakipz.com ziyaret edin ve hemen fenomen olun