Berita & Informasi

ABK PUN BISA!

 

67

Foto Siswa SKh Negeri 02 kota Serang (Sodikin dan Edo) bersama motor hasil modifikasinya pada acara Launching Modifikasi Motor hasil Karya Siswa Disabilitas tunarungu SKh Negeri 02 Kota Serang.

(Sumber: Dokumentasi SKh N 02 Serang)

 

Sekolah Khusus Negeri 02 Kota Serang merupakan sekolah untuk anak disabilitas dari tingkat TK-SMA yang beralamat di Jalan Raya Petir Kp. Perapatan, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten. Peserta didik di sekolah ini banyak memiliki prestasi hingga ke tingkat nasional.  

          Selama masa pandemi, pembelajaran tetap berlangsung dengandaring. Namun, kualitas pembelajaran tetap ditingkatkan. Salah satu program yang dilakukan adalah kerja sama atau kemitraan dengan perusahaan PT. Mitra Sendang Kemakmuran Main Honda Dealer Banten.

          Kegiatan ini berupa motor costum atau merubah dan merakit motor oleh Sodikin dan Edoh Hudayana, peserta didik kelas XII Tunarungu SKh Negeri 02 Kota Serang. Jenis motor yang asalnya Honda Mega Pro diubah menjadi Honda Gorilla.

          Menurut laman resmi PT Astra Honda di //www.astra-honda.com harga motor Honda Gorilla berkapasitan 124 cc ini seharga RP 79.345.000 (diakses tanggal 07/09/2021 pukul 14.00 WIB).

Motor mini Honda Gorilla yang legendaris ini bisa dirakit dengan mesin berdiri, berkapasitas 150 cc dengan menghabiskan dana sekitar tiga puluh juta rupiah lebih. Kegiatan ini dilakukan selama tiga bulan, mulai dari Juni‚ÄďAgustus 2021 di Garage Motor Custom, Serang. Pendamping dari pihak sekolah yaitu Harkat Hadi dan dari mitra Honda adalah Omen. Dana yang digunakan untuk kegiatan ini terkumpul dari para donator.

643

Acara Launching Modifikasi Motor hasil Karya Siswa Disabilitas tunarungu SKh Negeri 02 Kota Serang yang dihadiri Walikota Serang. (Sumber: Dokumentasi SKh N 02 Serang)

Puncaknya, pada hari Selasa, 7 September 2021 diadakan acara Launching Modifikasi Motor Hasil Karya Siswa Disabilitas Tunarungu SKh Negeri 02 Kota Serang. Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Serang, Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Khusus Propinsi Banten, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kota Serang, Direktur Rumah Tumbuh Management.

         Hadir pula General Manager PT. Mitra Sendang Kemakmuran Banten selaku perusahaan mitra dan Kepala Bidang Hubungan antar Lembaga Komite Olahraga Nasional Indonesia..

Dra. Hj. Nani Wiratni, MM selaku Kepala SKh Negeri 02 Kota Serang dalam sambutannya mengemukakan  bahwa Sodikin sebagai siswa berprestasi dan multi talenta serta dibantu Edoh memodifikasi motor di luar jam pembelajaran dengan tetap melakukan prokes. Harapannya semoga Honda bisa menerima anak berkebutuhan khusus untuk bekerja.

Dalam presentasinya, diperlihatkan pula bagaimana proses memodifikasi motor mulai dari membongkar, mengamplas kerangka, tangki bensin, memasang ban dan velg, spakbor, lampu, dan lain-lain hingga menjadi motor yang diinginkan sesuai harapan.

Dr. H. Supandi, M.A yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten yang berhalangan hadir juga mengemukakan  hal yang senada agar ABK yang bertalenta bisa diterima bekerja. Hal ini juga menjadi publikasi dari media kepada masyarakat bahwa anak-anak sekolah ini (catatan: SLB di Banten namanya SKh) memang luar biasa.

Walaupun Sekolah Khusus berada dibawah Propinsi Banten, tetapi peserta didiknya adalah warga Kota Serang. Sehingga peran walikota tetap penting untuk mendukung.

Walikota Serang, H. Syafrudin, S.Sos, M.S.I. juga sangat bangga. Beliau menekankan  bahwa hal ini merupakan ibadah dan agar mendapat imbalan dari Allah Swt.  Selain memberi sambutan, beliau sekaligus unveiling (membuka selubung) motor modifikasi hasil karya siswa disabilitas tunarungu SKh Negeri 02 Kota Serang. Di akhir, beliau berpose menaiki motor modif berwarna hijau karya siswa tunarungu tersebut.

908