Berita & Informasi

PELAKSANAAN PTM TERBATAS PEKAN KEEMPAT JENJANG SMA, SMK, SKh DI BANTEN BERJALAN AMAN DAN LANCAR

COVER12

 

Serang (6/10/21) Dinas Pendidikan Provinsi Banten menyatakan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas untuk Jenjang SMA,SMK dan sekolah khusus (SKh) berjalan cukup baik, tidak ada kendala yang ditemukan. PTM terbatas ini berjalan dengan baik. Para siswa juga cukup antusias. Informasi ini di peroleh berdasarkan laporan dari masing-masing KCD, Pengawas Sekolah serta MKKS dari 5 Wilayah KCD di Provinsi Banten dalam rapat virtual yang di laksanakan pada tanggal 4 oktober 2021 dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten di hadiri oleh Sekdis, Para Kabid, Ka UPT TIKPK, KCD Se Banten, Pengawas Sekolah dan MKKS.

Hampir semua sekolah SMASMK dan SKh di Banten sudah memulai PTM secara terbatas. Semua sekolah sudah menyiapkan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan Covid-19, sehingga saat pelaksanaan berjalan lancar. Selama PTM tidak ada masalah apapun. Bahkan tidak ada laporan terkait pelajar yang terkonfirmasi positif Covid-19 Hal itudi perkuat belum adanya laporan dari Satgas Covid-19 atau Dinas Kesehatan yang ada di masing-masing Kabupaten atau Kota di Provinsi Banten

Pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar juga masih terus berjalan. Para siswa mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri serta lembaga lainnya di lingkungan sekolahnya masing - masing. Kalau tenaga pendidik semuanya sudah divaksin. Namun untuk siswa belum semuanya dan saat ini masih terus berjalan.

Pemerintah mendorong sekolah di wilayah PPKM level 1-3 segera membentuk Satgas COVID-19 tingkat sekolah untuk mendukung efektivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Peran Satgas COVID-19 di tiap satuan pendidikan penting untuk memperkuat pengawasan penerapan protokol kesehatan dan kebiasaan baru. Selain percepatan vaksinasi bagi pendidik dan peserta didik, penerapan teknis pelaksanaan protokol kesehatan sesuai regulasi juga harus diperkuat. Mengawal dan menjamin keamanan dan keselamatan warga sekolah dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat. Satuan tugas seperti ini akan memperkuat pengawasan protokol kesehatan untuk menghindari penularan COVID-19. Satgas sekolah juga akan berperan penting dalam mengkomunikasikan setiap perkembangan PTM kepada satgas daerah dan dinas terkait.

Regulasi teknis lainnya juga tercantum dalam Inmendagri No. 35, 36, dan 37 Tahun 2021 terkait pelaksanaan PPKM dengan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan, serta Panduan Pengawasan dan Pembinaan Penerapan Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan dari Kemenkes.