Berita & Informasi

540 SISWA BARU SMK NEGERI 1 RANGKASBITUNG MENGGELAR KEGIATAN MPLS

WhatsApp Image 2022 07 14 at 11.53.45 AM 750x375

SERANG – SMK Negeri 1 Rangkasbitung menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para peserta didik baru. Kegiatan itu dilakukan di lingkungan sekolah selama tiga hari. Terhitung sejak 14 Juli sampai 17 Juli 2022. Diikuti 540 siswa. Selama tiga hari berturut-turut, para peserta didik baru akan diberikan materi mengenai sekolah sehingga para peserta didik dapat mengetahui apa yang nantinya dilakukan di sekolah itu.

Kepala SMKN 1 Rangkasbitung Mukmin mengatakan, kegiatan MPLS, siswa juga diberikan pengetahuan tentang bahaya laten penyalahgunaan narkoba, tentang HIV, pendidikan karakter, dan pembinaan mental dari Batalyon Mandalayudha Cakra.

“Harapannya siswa baru dapat terbina mentalnya dan tangguh sehingga siap menerima berbagai tantangan di era globalisasi ini dan siap menjalankan kegiatan belajar mengajar di sekolah,” katanya kepada Radar Banten usai membuka MPLS di lapangan SMKN 1 Rangkasbitung, Kamis 14 Juli 2022.

Menurutnya, selain pembinaan mental yang perlu diberikan pengetahuan kepada siswa baru, pihaknya juga konsentrasi terhadap penyalahgunaan narkoba mengingat, pelajar merupakan salah satu target dari penyalahgunaan narkoba. “Karena itu, jangan pernah mencoba – coba narkoba. Kita tak mentolelir penyalahgunaan narkoba,”.

Kata dia, sejauh ini pihaknya terus melakukan langkah konkrit untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba khususnya di lingkungan sekolah. Salah satunya dengan terus melakukan sosialisasi akan bahaya penggunaan penyalahgunaan narkoba. “Saat ini pelajar merupakan salah satu target sasaran para sindikat narkoba dalam mengembangkan bisnis haramnya tersebut,”.

Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Rangkasbitung Iqro Nuriman menambahkan materi yang diberikan kepada peserta didik baru, diantaranya meliputi tentang tata tertib sekolah, sisi kurikulum sekolah, dan mengenai kesiswaan yang semuanya diberikan kepada peserta didik sebelum mereka melaksanakan kegiatan belajar di SMK Negeri 1 Rangkasbitung. “Jadi MPLS dilakukan dengan tujuan untuk mengenali lingkungan sekolah kepada para peserta didik baru supaya mereka beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru,”.